Entri yang Diunggulkan

Suka Onani Coli atau Ngiclik?

Luka Robek di anus atau bagian anus perih dan ada benjolan

Apa Itu Fissura Ani / Luka Robek di anus

APA ITU FISSURA ANI?
 
 

Fissura Ani (Anal Fissura, Ulkus anus) merupakan suatu robekan atau luka pada sisi anus. Fissura ani paling terjadi pada bagian belakang walau terkadang – lebih jarang – juga dapat ditemukan pada bagian depan, lebih jarang lagi pada bagian samping (bila terjadi harus dipikirkan penyebab penyakit lain). 
PENYEBAB

Umumnya disebabkan oleh cedera karena buang air besar yang keras dan besar.
Fissura menyebabkan otot melingkar (sfingter) dari anus mengalami kejang dan hal ini akan menyulitkan penyembuhan. Otot polos yang melingkari dubur berfungsi sebagai katup penutup sehingga kotoran bersifat padat, cair dan gas tidak keluar.  Dalam keadaan duduk lama atau stress akan bertambah tegang, bila kemudian terdapat gangguan buang air besar akan mempermudah timbulnya luka pada selaput lendir.

Pada selaput lendir dekat perbatasan dengan kulit banyak terdapat saraf perasa (sensorik), sehingga bila ada luka kecil saja akan menyebabkan rasa sakit. Kemudian terjadi lingkaran setan (circulus vitiosus), otot polos semakin menegang dan pasien menjadi semakin takut untuk buang air besar sehingga menahan untuk BAB. Pada akhirnya pasien semakin menahan buang air besar , kotoran semakin keras dan luka semakin luas. Secara epidemiologi lebih banyak terjadi pada wanita, mungkin karena wanita lebih sering mengalami sembelit.

GEJALA

Fissura menimbulkan nyeri dan perdarahan selama atau segera setelah buang air besar.
Rasa nyeri berlangsung selama beberapa menit sampai beberapa jam dan kemudian menghilang sampai saat buang air besar berikutnya. Rasa sakit bisa sampai menyayat sedangkan perdarahan dapat terjadi walaupun tidak sebanyak pada wasir. Kadang-kadang terdapat peradangan di daerah luka sehingga terbentuk perianal abses dan akhirnya menjadi fistula (saluran).
Secara klinis ada jenis fissura ani :
1. Akut : Baru terjadi pertama kali atau belum 6 minggu, belum terjadi penebalan dan penggantian menjadi jaringan ikat (fibrosis). Umumnya menyembuh dalam beberapa hari
2. Kronis : Terjadi berulang dalam waktu cukup panjang (> 6 minggu), sering terjadi penebalan pada daerah tepi dan sekitar luka, dapat terbentuk benjolan kenyal di sebut sentinel pile pada benjolan bawah dan hipertrofi papilla pada bagian atas. Kadang-kadang disalahtafsirkan sebagai hemorid/wasir.

DIAGNOSA

Diagnosis ditegakkan berdasarkan hasil pemeriksaan di daerah anus, untuk membedakan dari hemoroid dan wasir, pada pemeriksaan colok dubur diagnosis hampir selalu dapat ditegakkan. Terkadang dapat juga ditemukan perdarahan, walaupun tidak sebanyak wasir.

PENGOBATAN

Bisa diberikan pelunak tinja (psilium), yang bisa mengurangi cedera karena buang air besar yang keras dan sulit. Pelumas berupa suppositoria (obat yang dimasukkan ke dalam dubur) juga bisa diberikan. Duduk berendam/sitz bath dalam air hangat selama 10-15 menit setelah buang air besar, mengurangi rasa tidak nyaman dan membantu meningkatkan aliran darah, sehingga membantu proses penyembuhan. Dapat diberikan salep khusus pada keadaan fissura akut. 
Bila terapi obat tidak berhasil, maka diperlukan tindakan pembedahan meliputi pemotongan sentinel pile dan jaringan fibrotik, sampai lateral sfingeterotomi, untuk mengurangi ketegangan pada otot anus. Bila fissura disebabkan sisi wasir yang luka akibat sering didorong masuk, maka wasir sebagai penyebab harus diangkat sekaligus.

PENCEGAHAN
Pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati. Perubahan gaya hidup juga dapat membantu, makan banyak mengandung serat dan banyak minum air putih untuk mempermudah BAB, juga menghindari makanan yang merangsang diare karena akan memperberat fissura ani. Anal fissura tidak pernah dilaporkan berubah menjadi suatu keganasan.
 
======================================
 
Ambeien / wasir, atau yang dikenal di dunia medis dengan sebutan hemorrhoid, merupakan benjolan pada daerah anus yang disebabkan akibat pembengkakan dari pembuluh darah di dalamnya. Orang yang menderita hemoroid ini biasanya memiliki keluhan :
  1. Benjolan di sekitar anus, bisa ada terus maupun hilang timbul
  2. Rasa nyeri dan merah di sekitar anus
  3. Gatal pada daerah sekitar anus
  4. Ada tetesan darah segar pada saat buang air besar (BAB)
  5. dan lainnya
Hemoroid dapat dibedakan menjadi 2 jenis berdasarkan tempat terjadinya, yaitu :
  1. Hemoroid Interna - sumber pembengkakan adalah pembuluh-pembuluh darah di dalam anus
  2. Hemoroid Eksterna - pembengkakan pembuluh darah terjadi pada bagian luar anus
Hemorrhoid eksterna tidak memiliki grade / tingkat keparahan. Sementara hemoroid interna terbagi dalam beberapa grade :
  • grade 1 - tidak ada benjolan di luar anus
  • grade 2 - ada benjolan yang keluar dari anus pada saat mengejan, namun masuk kembali ke dalam anus dengan sendirinya pada saat tidak mengejan
  • grade 3 - benjolan yang timbul dapat dimasukan lagi ke dalam anus dengan bantuan tangan
  • grade 4 - benjolan sudah tidak dapat dimasukan lagi ke dalam anus dengan tangan
Untuk memastikan masuk ke dalam kategori mana hemoroid yang Anda alami maka dokter perlu untuk melakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Pengobatan hemoroid yang akan diberikan akan berbeda tergantung dari jenis hemoroid apa yang Anda alami dan seberapa parah gejalanya, ada yang hanya akan diberikan pengobatan dengan obat minum dahulu, ada pula yang disarankan untuk langsung dilakukan operasi. Berikut merupakan beberapa hal yang Anda dapat lakukan untuk membantu mengatasi hemoroid :
  1. Jangan mengejan dengan keras saat BAB
  2. Makan banyak makanan berserat tinggi untuk membantu melancarkan BAB
  3. Minum banyak air putih
  4. Jangan terlalu lama duduk di WC
  5. Banyak berolahraga
  6. Minum obat anti nyeri yang dijual bebas untuk membantu mengatasi nyeri yang hebat
 

Komentar

Posting Komentar